RUU Batas ZEE Indonesia-Filipina Disahkan Setelah 3 Tahun

RUU Batas ZEE Indonesia-Filipina Disahkan Setelah 3 Tahun

Rancangan Undang-undang (RUU) mengenai Pengesahan Kesepakatan pada Pemerintah Republik Indonesia serta Pemerintah Republik Filipina tentang Penetapan Batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), 2014 sudah disahkan DPR dalam sidang paripurna. Ini yaitu bentuk keseriusan pemerintah dalam merampungkan permasalahan perbatasan dengan negara tetangga.

” Diraihnya kesepakatan dengan Filipina serta penyelesaian ratifikasi ini, adalah bentuk keseriusan Pemerintah RI dalam merampungkan permasalahan perbatasan dengan semuanya tetangga Indonesia, ” tegas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kamis (27/4/2017) lewat info tercatat.

Sejatinya kesepakatan ini sudah di tandatangani oleh Menlu RI serta Menlu Filipina pada 2014 silam di Manila. Sistem perundingannya sendiri sudah berjalan sepanjang 20 th..

Batas ZEE yang disetujui Indonesia serta Filipina selama sekitaran 1. 161, 13 km serta adalah kesepakatan batas maritim pertama yang disetujui ke-2 negara. Angka itu adalah hasil perundingan memakai referensi prinsip yang ada didalam Konvensi Hukum Laut th. 1982 dan pengukuran ZEE bertolak dari garis pangkal kepulauan (archipelagic baseline) semasing.

” Dengan disepakatinya garis batas ZEE ini, jadi ke-2 negara saat ini tinggal merundingkan titik pertemuan tiga garis batas ZEE (tri-junction point) pada Indonesia-Filipina-Malaysia di segi barat serta pada Indonesia-Filipina-Palau di segi timur, dan merundingkan penetapan garis batas landas kontinen pada Indonesia serta Filipina, ” jelas Direktorat Jenderal Hukum serta Kesepakatan Internasional Kemenlu, dalam info yang sama.

Prinsip pemerintah dalam mengambil keputusan batas ZEE erat hubungannya dengan kedaulatan Indonesia dalam pengelolaan sumber daya hayati, kelautan, serta perikanan. Implementasinya termasuk juga pengelolaan hak nelayan serta negara dalam berkegiatan ekonomi, sesuai sama perundang-undangan.

Ke depan Indonesia mengharapkan bisa jadi referensi untuk negara kepulauan yang lain dalam penetapan batas maritim.

Previous The Homesman rides, The Expendables assemble
Next Anggota DPD Keberatan Atas Usulan Rekrutmen Calon DPD Periode 2019-2024

About author

You might also like

Website Telkomsel Diretas, Diisi Keluhan Internet Mahal, Apa Kata Telkomsel?

Linimasa Twitter pagi ini, Jumat (28/4/2017), ramai dengan kajian masalah website resmi Telkomsel yang terlihat lain dari umumnya. Penampilan laman depan website Telkomsel, www. telkomsel. com, nyatanya dirubah (deface) oleh

Music

Maecenas tempor volutpat commodo uspendisse potenti ed congue sodales

Nam in pharetra nulla. Cras aliquet feugiat sapien a dictum. Sed ullamcorper, erat eu cursus sollicitudin, lorem orci condimentum ante, non tincidunt velit dolor eget lacus. Ut dolor ex, gravida

Football 0 Comments

Setya Novanto, Apresiasi Keputusan Pemerintah Bubarkan HTI

Keputusan pemerintah untuk membubarkan Organisasi Masyarakat (Ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) mendapat dukungan dari banyak kalangan. Ketua DPR RI Setya Novanto, juga memberikan apresiasi atas sikap pemerintah untuk membubarkan HTI.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply