Setya Novanto: May Day Memiliki Makna Mendalam Bagi Pergerakan Buruh

Peringatan hari buruh atau biasa disebut May Day, yang digelar pada setiap 1 Mei bagi Ketua DPR RI, Setya Novanto, memiliki makna yang sakral. Peringatan hari buruh harus dimaknai sebagai wujud semangat perjuangan kaum pekerja di seluruh dunia yang tidak kenal menyerah.

Menurut Setnov aksi para buruh untuk memperjuangan haknya ini mesti dilakukan setelah mereka menunaikan kewajibannya. Begitu mulianya aksi itu, sehingga May Day memiliki makna yang begitu dalam bagi pergerakan buruh internasional.

Setnov, saat membantu buruh panggul di sebuah pasar tradisional.

Beberapa tuntutan buruh seperti jam kerja selama delapan jam menjadi salah satu focus perhatian Setnov. “Tututan utama dari para pekerja adalah waktu kerja yang lebih manusiawi yaitu delapan jam,” ucap Setnov.

Angka delapan jam ini, menurut Setnov, berdasarkan “triple day” atau pembagian tiga waktu dalam satu hari atau 24 jam. Hal itu juga bermakna 8 jam kerja, 8 jam beristirahat dan 8 jam berekreasi. “Jika hal itu dapat diterapkan dengan baik, maka para pekerja memiliki waktu untuk belajar guna meningkatkan pengetahuannya, waktu mengurus kehidupan pribadi, religi bersama keluarganya serta memiliki waktu untuk bersosialisasi dengan masyarakat lainnya,” ujar Novanto.

Setnov, bersama keluarga para buruh.

Pembagian waktu yang sangat penting inilah yang menjadi dasar, bahwa buruh harus memiliki waktu yang berkualitas di luar jam kerjanya. “Itulah beberapa nilai-nilai kehidupan dalam historis May Day yang dapat kita petik bagi kehidupan kita dari perjuangan panjang kaum pekerja, sejak dulu dan hingga saat ini,” ungkap Setnov.

Perkembangan jaman yang membuat industri semakin mengandalkan teknologi modern serta menuntut efisiensi yang sangat tinggi, namun peran buruh tetap sangat diperlukan. Mesin-mesin canggih bahkan robot-robot serta bahan baku yang ada, tidak akan berubah menjadi sebuah produk yang sempurna, tanpa sentuhan tangan para buruh atau manusia.

Setya Novanto, saat menerima aduan dari para buruh pelindo II.

“Sentuhan tangan para pekerja tetap dibutuhkan, meski ada teknologi modern, untuk mengubah bahan baku menjadi sebuah produk jadi,” ujar Setnov. Ia pun mengingatkan para pengusaha tentang peran buruh yang masih sangat vital di dunia modern seperti saat ini.

“Saya mendengar hari ini ribuan pekerja akan turun ke jalan untuk merayakan May Day, Saya menghimbau agar aksi ini dilakukan dengan damai, saling menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan bersama. Saya pastikan petugas keamanan dalam hal ini Polri akan menjaga keamanan dan kenyamanan aksi saudara-saudara kita saat turun ke jalan,” kata Setnov.

Setnov juga mempersilahkan para buruh tersebut untuk bersuara, karena hak itu memang diperbolehkan, dilindungi dan diatur dalam undang-undang. Namun ia juga mengingatkan agar jangan sampai terpengaruh atau terpancing oleh provokasi yang dapat menodai aksi damai ini.

Setnov bersama para buruh migran di Malaysia.

“Saya sudah melihat kerja nyata Pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk perburuhan. Salah satunya Program membangun Rumah Susun Milik Sendiri (Rusunami) bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang tak lain para pekerja di Ciputat. Rencananya di daerah-daerah lainnya, juga akan dibangun. Tentunya program ini sangat saya apresiasi,” tutur Setnov.

Begitu pula, dengan peran sangat aktif pemerintah Jokowi terkait perlindungan buruh migran dalam berbagai organisasi dunia seperti pada KTT ASEAN 2017. Presiden Jokowi menyuarakan agar dokumen perlindungan buruh migran yang ‘terbelengkalai’ sejak 2007 lalu, untuk disepakati dan ditanda tangani oleh negara-negara ASEAN.

“Selamat merayakan May Day, mari kita semua merayakan hari yang besar bagi para pekerja dari golongan apapun, semoga masa depan kehidupan para pekerja di Indonesia semakin baik,” kata Setnov pada hari buruh 2017.

Setnov saat berada di kontrakan para buruh di daerah Cikarang Utara, Bekasi.

 

Previous Setya Novanto Tetapkan Suhaili sebagai Calon Gubernur NTB dari Partai Golkar
Next Setya Novanto, Hardiknas Wujud Semangat Belajar Bangsa Indonesia

About author

You might also like

Setya Novanto 0 Comments

Sekjen Golkar: Ketua Umum Bung Setya Novanto Kembali Aktif Memimpin Partai

JAKARTA – Setya Novanto menegaskan kalau ia tetap kembali memimpin Partai Golkar. Penegasan itu disampaikan dalam rapat pleno internal DPP Partai Golkar, Rabu (11/10/2017). Selama sebulan terakhir, Setnov sempat tidak

Setya Novanto 0 Comments

Setya Novanto, Harapkan Kesejahteran Modin dan Modinah Ditingkatkan

Saat melakukan kunjungan ke Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (6/5/2017) Setya Novanto  menyemaptkan diri untuk bertamu para modin dan modinah di Kota pahlawan itu. Dalam pertemuan dengan para modin dan modinah

Setya Novanto 0 Comments

Setya Novanto Akui Kehebatan Kartini Pengaruhi Kebijakan Negara

Ketua DPR Setya Novanto memberi selamat hari Kartini untuk semua golongan perempuan. Menurut Novanto, sosok Kartini sudah memberikan inspirasi bahkan juga memengaruhi kebijakan negara. ” Ide Kartini sudah jadi ide

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply