Setya Novanto Resmikan Sumur Bor dan Air Bersih di Kupang

“Senin siang, 8 Mei 2017, Ketua DPR RI Setya Novanto meresmikan sumur bor beserta kelengkapan air bersih yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Peresmian ditandai dengan pembukaan kran air bersih di Gereja Syalom Airnona, Kelurahan Bakunase, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, NTT.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur NTT Bapak Benny Litelnoni dan sejumlah pejabat teras Provinsi NTT serta Kota Kupang, Anggota Dewan Perwakilan Daerah dari NTT Bapak Ibrahim Agustinus Medah, Kepala Pusat Air Baku dan Air Tanah Kementerian PUPR Bapak Amir Hamzah, Direktur Sungai dan Pantai Kementerian PUPR Bapak Hari Supra Yogi, Ketua Sinode Gereja Masehi Injil di Timor Ibu Merry Kolimon. Ketua DPR RI Setya Novanto datang didampingi Isteri, Ibu Deisti Novanto, Anggota DPR RI Bapak Adies Kadir, serta Staff Khusus Ketua DPR RI Bapak Yahya Zaini dan Ibu Nurul Arifin.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur NTT Bapak Benny Litelnoni menyampaikan bahwa ketersediaan air bersih merupakan masalah penting di NTT. Karena itu, dirinya mewakili masyarakat NTT berterimakasih kepada Kementerian PUPR dan berbagai perjuangan serta sumbangsih Novanto terhadap masyarakat NTT, khususnya dalam pembangunan sumur bor dan penyediaan air bersih di Bakunase, Kupang.

“Bagi masyarakat NTT, khususnya warga Bakunase, pembangunan sumur bor dan penyediaan air bersih seperti ini sungguh sangat bermanfaat, sehingga masyarakat dapat hidup layak, terhindar dari penyakit, serta hidup lebih sehat” ujar Setya Novanto.

“Kalau tubuh kita sehat, maka jiwa dan pikiran kita juga akan sehat, sehingga partisispasi dalam pembangunan juga meningkat” lanjut Setya Novanto.

Setya Novanto memberikan apresiasi yang tinggi terhadap program kerja Presiden Jokowi untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Seperti halnya yang dilakukan di Bakunase dengan membangun sumur bor dan penyediaan air bersih sebagai infrastruktur dasar. Menurut Novanto, tanpa infrastruktur yang memadai, tidak mungkin bangsa kita akan mencapai kemajuan dan kesejahteraan.

“Sebagai Ketua DPR RI sekaligus waki rakyat dari NTT, saya akan terus memastikan peningkatan infrastruktur di berbagai daerah, termasuk di NTT, khususnya dalam penyediaan air bersih dan sanittasi. Karena itu, perlu koordinasi yang baik antar semua pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun DPR RI sebagai lembaga perwakilan rakyat” kata Novanto.

Novanto juga menghimbau khususnya kepada pemerintah daerah NTT, agar dalam setiap pelaksanaan program pembangunan selalu melibatkan perguruan tinggi, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat lainnya, sehingga pembangunan tersebut efektif, berguna, dan mendapatkan dukungan masyarakat.

“Saya titip kepada warga Bakunase, agar sumur bor ini dapat dijaga dengan baik, sehingga bisa awet dan berguna dalam jangka panjang. Gunakan air bersih dengan bijak” tutup Novanto.

Pernyataan Pers
Ketua DPR RI
Drs. H. Setya Novanto, Ak., MM

 

Sambutan Setya Novanto Ketua DPR   pada Peresmian Penggunaan Sumur Bor dan Kelengkapan Air Bersih bagi Masyarakat Kelurahan Bakunase Kecamatan Kota Raja Kota Kupang Tanggal 8 Mei 2017)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua, salum.

Yth. Bapak Rizal Jalil, Anggota BPK RI

Yth. Gubernur NTT, Sdr. Frans Lebu Raya

Yth. Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Sdr. Imam Santoso

Yth. Pimpinan Forkopimda NTT

Yth. Walikota Kupang, Sdr. Jonas Salean

Tokoh-tokoh masyarakat, undangan dan hadirin yang saya hormati.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena pada hari ini kita dapat menghadiri peresmian pembangunan sumur bor berikut kelengkapan air bersih yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pada hari ini tidak ada yang paling berbahagia, kecuali masyarakat Bakunase. Karena sebentar lagi akan memiliki sumur bor berikut kelengkapan air bersih yang sangat berguna bagi masyarakat.

Kepada Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PURP, selaku Ketua DPR-RI,  saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, karena telah membantu masyarakat Bakunase untuk memenuhi salah satu kebutuhan dasarnya. Bagi masyarakat Bakunase, penyediaan air bersih sungguh sangat bermanfaat, karena dapat digunakan untuk minum, memasak, mandi, mencuci, dan kakus, sehingga masyarakat dapat hidup lebih layak, terhindar dari penyakit, serta hidup lebih sehat. Kalau tubuh kita sehat maka jiwa dan pikiran kita akan sehat, sehingga partisipasi dalam pembangunan juga akan meningkat.

Saudara-saudara yang saya hormati;

Saya sangat mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo yang memberikan prioritas pada pembangun infrastruktur. Sebab, tanpa infrastruktur yang memadai tidak mungkin bangsa kita bisa mencapai kemajuan dan kesejahteraan. Selain untuk kemajuan, pembangunan infrastruktur juga untuk mewujudkan pemerataan, khususnya bagi kawasan Indonesia Timur. Lebih dari pada itu, pembangunan infrastruktur juga bertujuan untuk memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bagi masyarakat NTT, selain dibutuhkan pembangunan infrastuktur dalam skala yang besar, penyediaan infrastruktur dasar, seperti penyediaan air bersih juga sangat penting dan mendesak. Karena Daerah NTT sulit untuk keluar dari problem kemiskinan, selama infrastruktur dasarnya belum dipenuhi.

Masalah yang dihadapi begitu kompleks, mulai dari kondisi alam, keadaan daerah yang terdiri dari pulau-pulau maupun kultur masyarakat sendiri. Berbagai kajian akademis telah banyak dilakukan. Anggaran yang diturunkan juga tidak sedikit. Yang dibutuhkan ke depan adalah adanya kebijakan yang terintegrasi antar kementerian dan instansi serta kerja sama dengan berbagai kalangan, sehingga penyediaan air bersih di daerah ini dapat dilakukan dengan percepatan-percepatan.

Maka dari itu, selaku Ketua DPR dan wakil rakyat dari NTT, saya terus mendesak pemerintah untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di daerah ini, khususnya pembangunan air bersih dan sanitasi. Kepada pemerintah daerah, baik propinsi maupun kabupaten/kota saya minta untuk menyusun perencanaan yang baik, dan jangan pernah lelah untuk meyakinkan pemerintah pusat agar mendapat alokasi anggaran yang lebih besar.

Tetapi setelah mendapat anggaran, saya minta agar pelaksanaannya dilakukan dengan baik dan transparan. Jangan lupa libatkan perguruan tinggi, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat lainnya, supaya pembangunan tersebut betul-betul efektif, berguna serta mendapat dukungan masyarakat.

Akhirnya, kepada masyarakat Bakunase, saya minta agar sumur bor dan kelengkapannya tersebut dapat dijaga dan dipelihara dengan baik, sehingga dapat digunakan dengan awet dalam tempo yang lama. Gunakan air seperlunya, tidak perlu boros dan selalu memikirkan kebutuhan orang lain, sehingga perlu kerjasama dan membaginya dengan baik.

Kepada Gubernur dan Walikota Kupang serta tokoh adat dan seluruh masyarakat yang membantu pembangunan ini saya ucapkan terima kasih.

Demikian sambutan dan harapan saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Sekian, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

(

Previous Setya Novanto Lantik DPD Golkar Jatim
Next Setya Novanto, Berikan Motivasi dan Mendengar Aspirasi Masyarakat NTT

About author

You might also like

Setya Novanto 0 Comments

Ungkapkan Duka Cita Longsor di Ponorogo, Setya Novanto Tulis 5 Kicauan

Bencana tanah longsor yang berlangsung di Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo tidak cuma membawa duka untuk warga sekitaran tetapi juga orang-orang luas. Ketua DPR RI, Setya Novanto ikut mengemukakan

Setya Novanto 0 Comments

Setya Novanto Harapkan Aksi 505 Berjalan Tertib dan Damai

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu Hari ini, sebagian saudara kita melakukan aksi damai 505, sudah menjadi hak siapa pun dalam hal ini WNI untuk bersuara sebagai bagian dari penyampaian pikiran dan pendapat

Setya Novanto 0 Comments

Isra Miraj 2017, Setya Novanto Bicara Kondisi Bangsa Indonesia

Jakarta – Ketua DPR RI Setya Novanto mengimbau bangsa Indonesia untuk jadikan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW sebagai momentum berikan motivasi semangat kalau pengorbanan kebutuhan bangsa serta negara bernilai

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply