Setya Novanto, Apresiasi Terpilihnya Macron dan Pesta Demokraasi di Prancis

Perkembangan politik dunia, terutama di negara sahabat seperti Prancis, tak luput dari perhatian Setya Novanto. Ketua DPR RI ini ikut memperhatikan pesta demokrasi di negeri biru itu saat mereka mengantarkan pemimpin baru, Emmanuel Macron, menjadi Presiden Prancis menggantikan Francois Hollande.

Menurut Setya Novanto terpilihnya Marcon menjadi sejarah tersendiri bagi Prancis dan dunia. Marcon yang mendapatkan suara sebesar 65 persen dari total suara pemilih cukup membuktikan bahwa ia mampu memberi harapan, ide, pemikiran dan gagasan baru tentang Prancis, Uni Eropa dan dunia masa depan.

“Saya terkesan atas rasionalitas pemilih yang telah menitip harapan pada keberlangsungan hubungan yang baik antar negara dan antarwarga negara di dunia. Sebagaimana kita ketahui, ide-ide dan gagasan Macron sangat populis, tidak identik dengan kanan maupun kiri yang selama ini akrab terdengar dalam perpolitikan Eropa,” ujar Novanto, Selasa (9/5).

Menurut Novanto, Macron mampu memadukan saripati yang baik dari kedua ekstrim aliran tersebut. Ia juga mampu mengakomodasi berbagai kepentingan negara-negara Eropa dan kepentingan globalisasi. Di lain pihak, ia tidak kehilangan ketegasan pada paham-paham radikal yang berpotensi memecah belah dan mendestruksi kehidupan masyarakat.

Masih menurut Setya Novanto, kemenangan Macron membuktikan, bahwa rakyat dunia di alam demokrasi, khususnya Prancis begitu dewasa dan matang dalam memahami kondisi globalisasi dan kepentingan yang mengakomodasi berbagai perbedaan. Perbedaan bukanlah musuh, melainkan sebuah paham yang harus dikelola sebagai kekuatan bersama.

Tak lupa Novanto juga mengatakan, sejarah baru telah tercipta, dan akan diawali oleh Macron. Sebagai negara besar dan demokratis, Indonesia tentu memiliki tempat penting bagi Prancis. Demokratisasi di Indonesia juga mampu menjadi contoh bagi upaya-upaya pengembangan kehidupan berdemokrasi, mengelola perbedaan dengan baik dan mengakomodasi berbagai kepentingan yang berbeda-beda tanpa menimbulkan gejolak dalam kehidupan sosial dan kemasyarakatan.

“Sama halnya Prancis dengan bangsa kita, Indonesia adalah negara dengan kebhinnekaan yang unik, namun tetap bertahan di bawah panji-panji persatuan dan kesatuan. Meski globalisasi melahirkan berbagai ekses-ekses bagi budaya dan ideologi, Indonesia mampu menghadirkan Pancasila sebagai dasar dan filosofi kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Terlebih menurut Novanto, Presiden Joko Widodo yang diketahui selalu memiliki ide-ide segar tentang masa depan, tentang kehidupan yang aman, damai, sejuk serta eksistensi negara yang besar, namun tetap menanamkan benih-benih kesatuan dan persatuan di ladang keberagaman. Pada era Jokowi kebhinekaan jusru menjadi pemersatu sekaligus kekuatan di dalam NKRI.

“Saya memandang ide dan gagasan tersebut sejalan dengan apa yang sedang dikembangkan di negara-negara Eropa saat ini. Indonesia dibawah kepemimpinan Bapak Joko Widodo, mampu menjadi contoh yang baik tentang bagaimana menjalankan nilai-nilai demokrasi, bahkan di negara yang memiliki pemeluk Islam mayoritas di dunia,” ucap Novanto dalam akhir sambutannya.

Previous Setya Novanto, Berikan Motivasi dan Mendengar Aspirasi Masyarakat NTT
Next Setya Novanto, Kasus Ahok Menjadi Pembelajaran bagi Kita Semua

About author

You might also like

Business 0 Comments

Setya Novanto, Kasus Ahok Menjadi Pembelajaran bagi Kita Semua

Kasus persidangan kasus penodaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah diputuskan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Keputusan yang diambil majelis hakim Selasa (9/5/2017), memvonis Ahok bersalah dan

Setya Novanto 0 Comments

Setnov Targetkan Golkar Raih 60 Persen Kemenangan di Pilkada 2018

Sukses Partai Golkar dibawah kepemimpinan Setya Novanto yang mampu meraih 58 persen Kemenangan di Pilkada 2017, menjadi pemacu semangat. Menghadapi Pilkada 2018 di berbagai wilayah di Tanah Air, partai berlambang

Setya Novanto 0 Comments

Setya Novanto: Jawa Barat adalah Kunci

Rabu (26/4/17), Setya Novanto membuka Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) DPD Partai Golkar Jawa Barat. Acara diselenggarakan di Hotel Resinda, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Hadir dalam acara tersebut Gubernur Jawa Barat

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply